Wednesday, January 14, 2015

Assalamu’alaikum Indonesia !!!

Hahay! Kelihatannya ada apa dengan judul artikel ini?? Maksa? Nafsu? Norak? Atau Lebay? Hihihi… Bukan itu semua, apalagi ingin menyaingi judul film Assalamualaikum Beijing. Ngga sama sekali.

Saya memang amat tertarik untuk membuat satu artikel dengan judul Assalamu’alaikum Indonesia, sebagai cara untuk menginformasikan kepada siapa saja tentang indahnya Indonesia.
Love your country! Cintai tanah airmu, sayangi bumi Indonesiamu. Namun dengan apa kita bisa menunjukkan tentang besarnya rasa cinta kepada Indonesia?

Banyak hal sih sebenarnya, muali dari turut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, hingga yang paling berat adalah tidak turut mencaci maki siapa peminpin bangsa saat ini. Sekalipun ada kesalahan yang tengah atau telah dilakukannya. Cukup didoakan saja agar para pemimpin negara itu kembali ke jalan yang benar dan bekerja sesuai dengan fitrahnya.

Tapi dibalik itu semua, menurut saya salah satu aksi yang bisa sama-sama kita lakukan sebagai wujud rasa cinta, yakni explore Indonesia.

Jelajahi negeri kepulauan ini. Percaya deh, banyak yang menarik di Indonesia ini. Mulai dari eloknya kota budaya Yogyakarta, anggunnya Aceh sebagai serambi Mekkah, eksotisnya pantai-pantai di Bali, primanya rumah-rumah panggung di Toraja, mengagumkannya Ranah Minang, hingga menawannya Derawan.

Masih banyak lagi keindahan Indonesia yang tentunya ngga mungkin dipreteli satu per satu dalam artikel ini. Cuma perlu satu hal, percaya. Yakinlah Indonesia tuh menarik lho untuk dikunjungi.
Sebelum kita bergegas pergi mengitari negeri tetangga dekat bahkan sampai tetangga jauh, ada baiknya puas-puasin dulu menyelami negeri rempah-rempah ini.

Banyak tempat diving yang lucu di Indonesia ini. Banyak pantai yang menarik untuk kita membuat istana pasir disini. Banyak situs-situs sejarah yang perlu kita katahui sebagai keturunan atas kehidupan zaman dahulu kala.

Boleh sepakat ya, tentu banyak kan dari Indonesia ini yang belum kita tahu. Baik sejarahnya maupun wujud kotanya.

Palembang misalnya, Ibu Kota Propinsi Sumatera Selatan ini adalah kota tertua lho di Indonesia. Walaupun secara teori sejarahnya kita sudah tahu, bukankah akan punya rasa yang berbeda kalau sudah pernah menginjakkan kaki disana?

Atau contoh yang lainnya, ada pendapat yang mengatakan intelegensi warga Kabupaten Belitung itu amat tinggi. Mungkin karena banyak asupan ikan sebagai sajian makanan utamanya. Nah, apakah kita ngga ingin beneran hadir disana, melihat keelokan kotanya dan bercengkerama dengan para penduduknya yang pintar-pintar itu?

Sulawesi, setelah mempelajari bolak balik tentang sejarah raja Gowa dan Tallo, nampaknya amat luar biasa kalau kita bisa menjelajah daerahnya dan membayangkan kehidupan jaman dahulu kala. Dengan kata lain, setelah belajar teorinya, kini berupaya mengetahui perkembangannya secara langsung.

Bandung, Jawa Barat saat ini juga menjadi salah satu kota yang cantik akan penataan tata kotanya. Ada taman Jomblo, ada alun-alun yang baru dan masih banyak lagi. Budaya yang dibangun saat ini juga amat bermartabat, yakni setiap Senin ada Bis Gratis, Selasa Tanpa Rokok, Rebo Nyunda, Kamis Inggris dan Jumat Bersepeda.

Hal-hal sederhana ini tanpa sadar bisa membentuk suatu budaya yang baik khususnya bagi Kota Bandung itu sendiri, serta bagi Indonesia pada umumnya.

Boleh dong kita bermimpi mengharumkan nama Indonesia melalui daerah kita?

Wisata bahari yang tak kalah eksotisnya juga bisa didapat di Raja Ampat, Papua Barat. Popularitas wilayah ini sudah mendunia lho! Selain mencoba diving disana, ada baiknya juga cari tahu kenapa sih diberi nama Raja Ampat? Berangkat dari kata Empat-kah? Atau apa?

Cari tau teorinya, lalu sambangi fisiknya! Seru banget pastinya!

Selain itu semua jelas masih banyak pelosok nusantara yang tentu amat indah bila dijelajah. Mempelajari kearifan negeri sendiri untuk kemudian diadopsi nilai-nilai positifnya merupakan penambahan wawasan yang luar biasa.

Ditegaskan sekali lagi, bukan berarti saya katakan tidak perlu atau tidak setuju dengan kegiatan travelling ke luar negeri. Tapi hal ini kembali lagi pada pilihan masing-masing.

Melalui artikel ini saya hanya ingin berbagi info bahwa Indonesia tuh indah lho! Banyak sisi dari tanah air ini yang belum kita ketahui.

So, jika ada libur panjang dan sisi pendanaan cukup mendukung, yuk explore our Indonesia!
Mulai dari Kulonuwun Jogjaaa… Horas Samosir! Piye kabare Suroboyo?!! Atau mau dimulai dari Selamat Sore Jonggol !! Itu juga indah :)


Yang pasti, jalan-jalan di Indonesia ngga ada bosennya!

(dnu, ditulis sambil mimpi selfie di tengah jalan kelok sembilan sambil teriak Ranca bana!!!, 14 Januari 2015, 13.05)