Monday, January 12, 2015

Hamil Itu Menyenangkan

Untuk semua wanita di dunia yang sudah menikah dan pernah merasakan hamil, mengandung atau apapun sebutannya sepakat ya bahwa hamil itu sangat menyenangkan bukan?

Ada yang bilang, saat wanita sedang mengandung parasnya akan terlihat lebih cantik. Ya memang pada dasarnya semua wanita itu dilahirkan cantik :)

Banyak hal menarik yang terjadi pada seorang wanita saat dirinya sedang mengandung jabang bayi di dalam perutnya. Misanlnya ada yang mendadak senang bersolek, ada yang berbalik menjadi lebih cuek tehadap penampilan atau bahkan ada yang malas mandi! Dimana menurut saya kesemuanya itu adalah mitos yang masih banyak dipercaya bahwa hal-hal tersebut adalah bawaan si jangan bayi.

Bila yang semasa hamilnya senang berdandan, katanya calon bayinya adalah perempuan. Bila yang lebih cuek terhadap penampilan, maka calon bayinya adalah laki-laki. Lalu bagaimana dengan yang malas mandi? Haha… ya itulah hal-hal unik yang kerap terjadi pada ibu hamil.

Setuju ya bahwa wanita yang sedang hamil memang tampak lebih cantik dari biasanya?. Bisa jadi sih hal ini ditunjang dari model-model baju hamil yang selalu tampil manis berpita, dengan warna-warna ceria dan bunga-bunga dimana-mana.

Coba tanyakan kepada setiap perempuan yang sudah pernah mengandung, apa saja hal-hal menyenangkan yang mereka rasakan? Tentu banyak sekali. Mulai dari semua orang memperhatikan si ibu hamil, misalnya perhatian pada asupannya, kegiatan sehari-harinya, hingga segala yang diinginkan oleh ibu hamil sifatnya hampir wajjib untuk dituruti.

Mulai dari suami, orang tua, mertua, hingga orang yang tidak dikenal pun pasti akan memberikan perhatian yang lebih kepada wanita hamil. Misalnya, suami pasti akan sangat memanjakan istrinya yang sedang mengandung buah kasihnya. Orang tua pasti akan memasak makanan apapun yang diinginkan oleh anaknya yang sedang hamil. Mertua pasti akan banyak memberikan pesan berantai tentang hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada menantunya yang sedang hamil.

Lalu bagaimana dengan orang lain yang tidak dikenal? Contohnya di bis atau angkutan umum lainnya, masih banyak individu berkepribadian baik yang akan dengan sukarela memberikan kursinya kepada si ibu hamil. Ini adalah salah satu bentuk perhatian yang diberikan kepada wanita yang sedang mengandung, dari orang lain yang tidak dikenalnya.

Wanita Hamil Psikisnya Harus Baik

Sebagai wanita yang sudah dua kali mengandung dan dua kali melahirkan, saya amat percaya dengan penyataan diatas, yaitu wanita hamil psikisnya harus totally baik. Karena apa yang dirasakan ibunya maka si jabang bayi yang ada di dalam perut akan turut merasakannya. Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh stress, karena nanti anaknya akan ikutan stress juga. Sebisa mungkin keadaan lahir maupun batin seorang ibu hamil haruslah baik dan dipastikan selalu dalam keadaan baik.

Formasi batin yang tenang, tentram, senang nan bahagia tentu akan memancarkan aura positif di wajah sang ibu hamil. Jelas saja hal inilah yang menurut saya merupakan titik utama bagaimana seorang wanita yang sedang hamil akan terlihat lebih cantik. Karena keadaan psikis yang baik, didukung oleh lahiriah yang bahagia maka kecantikan wanita akan tampak total saat ia hamil.

Ada juga cerita lain saat hamil yang mungkin akan menjadi kenangan yang tak terlupakan, misalnya morning sickness, sering mual dan muntah, pernah sampai dirawat rumah sakit, mabuk sepanjang hamil, sesak nafas karena bayinya terlalu besar, cepat lelah, tidak kuat berdiri lama dan hal-hal lainnya yang menjadi dinamika alam saat sembilan bulan bayi berada dalam kandungan.

Untuk kedua kalinya saya ingin membuat kesepakatan dengan semua ibu di dunia, hal-hal tersebut diatas tidak lebih mengganggu toh dibandingkan dengan rasa betapa bahagianya menjadi wanita yang dipercaya oleh Tuhan untuk bisa mengandung lalu melahirkan? Apalagi saat si jabang bayi lahir ke dunia, semua rasa lelah saat mengandung dan semua rasa sakit yang tak terkira saat melahirkan langsung hilang dalam sekejap lantas berubah menjadi warna warni suka dan cita.

Hamil itu menyenangkan, hamil itu cantik dan hamil itu anugerah. Buat semua wanita yang sudah menikah dan sudah memiliki anak, berbahagialah dengan anugerah terindah itu yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Namun untuk yang sudah menikah namun belum dikaruniai keturunan, percayalah karena tidak ada jalan pintas menuju kebahagiaan.

(dnu, ditulis sambil makan rujak, 16 November 2014, 11.59)