Saturday, January 10, 2015

Surat Terbuka untuk Bp. Anies Baswedan

Kepada Yth :
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Bp. Anies Baswedan
Di Tempat


Dengan penuh rasa hormat,

Pak Menteri, terus terang saya kagum berat sama Bapak. Luar biasa kekaguman saya membuncah tak terbendung kala saya semakin mengetahui siapa Bapak sebenarnya. Semangat Bapak dalam membangun kelas Indonesia Mengajar untuk mencari Pengajar Muda benar-benar saya acungi seluruh jempol yang saya punya.

Pak Anies keren banget, saya benar-benar bangga memiliki menteri Pendidikan dan Kebudayaan seperti Bapak. Boleh saya katakan bahwa Bapak Presiden Joko Widodo telah memilih orang yang sangat tepat dalam menggawangi dunia pendidikan di Indonesia.

Pak Menteri yang saya kagumi, sungguh saya ingin tahu apa yang sebeneranya bergumul di kepala Bapak, sehingga Bapak telah dengan lugas meluncurkan organisasi relawan pendidikan yang telah mampu menggugah semangat anak muda Indonesia untuk saling berbagi ilmu.

Dari sekian banyak orang pintar di negeri ini rasanya belum pernah ada yang sefenomenal Bapak dalam membentuk dan mendisain aliran ilmu pengetahuan di Indonesia, dengan sangat elok. Mungkin tidak banyak yang menduga bahwa di Indonesia ini masih ada yang memikirkan dengan sungguh-sungguh akan kemajuan pendidikan anak bangsa.

Menjadi orang baik dan pintar tidaklah cukup, namun amat indah dan membahagiakan bila mau dengan sukarela membagikan ilmunya. Dan Bapak telah membuatkan wadahnya, sehingga siapapun yang memiliki hasrat yang sama dengan Bapak dapat dengan mudah menyalurkannya.

Mungkin banyak di luar sana yang juga telah memiliki keinginan kuat untuk berbagi ilmu, namun yang berani menggalakkan, menggebrak dan membukakan pintu belumlah banyak. Bapaklah salah satunya dan berhasil membukakan kesempatan seluas-luasnnya bagi relawan pengajar muda Indonesia.

Berbagi tanpa pamrih, berjuang tanpa kenal lelah. Nampaknya dua kalimat itulah yang coba Bapak bagikan kepada seluruh putra bangsa, agar senantiasa berbagi ilmu kepada siapa saja terutama bagi yang membutuhkan, dengan tanpa pamrih.

Pak Anies, saya sangat bangga memiliki Menteri seperti Bapak. Dan saya yakin bumi Indonesia juga pasti bangga memiliki anak negeri seperti Bapak.

Andai semua pemimpin di negeri ini memiliki jiwa-jiwa yang mulia seperti Bapak, alangkah indahnya kehidupan di kepulauan ini….

Demikian Pak Anies, semoga kapan-kapan saya bisa bertemu dengan Bapak untuk sharing masalah pendidikan anak marginal di Indonesia.

Hormat saya,
Dewi
Si betawi keturunan Jawa yang amat mendamba dipanggil Uni