Monday, January 12, 2015

Surat Terbuka untuk Pak Prabowo dan Pak Jokowi

Kepada Yth :
Bp. Prabowo Subianto
Bp. Joko Widodo
Calon Presiden Republik Indonesia
Beserta wakil masing-masing
Di tempat

Dengan penuh rasa hormat,

Pak Prabowo dan Pak Jokowi, hari ini persis 7 hari menjelang ajang pesta demokrasi rakyat Indonesia. Dimana pada tanggal 9 Juli nanti seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai hak pilih akan memberikan suaranya yang akan menentukan kelangsungan jabatan politik Bapak-bapak sekalian selama 5 tahun mendatang.

Saya sebagai rakyat kecil yang cukup jauh dari jangkauan Bapak, sangat menginginkan agar pesta demokrasi nanti berlangsung aman, nyaman dan membahagiakan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para pemilih saja, tetapi tumpuan harapan paling besar adalah kepada Bapak-bapak sekalian.

Tentunya membahagiakan bagi Pak Prabowo dan Pak Jokowi, apapun dan bagaimanapun hasilnya nanti. Seluruh bangsa Indonesia pasti sangat mengharapkan agar hasil pemilihan telah memenuhi keseluruhan syarat sah-nya suatu Pemilihan Umum. Tidak ada kecurangan, penggelembungan suara ataupun sejenisnya yang dapat membangkitkan protes dan amarah disana sini.

Pak Prabowo dan Pak Jokowi, percayalah bahwa bagaimanapun hasil pemilihannya nanti tentu ini adalah yang terbaik dari Tuhan. Pasti telah dipilihkan kisah terindah bagi hidup Bapak berdua.

Sampaikan kepada seluruh pendukung Bapak-bapak sekalian agar jangan lagi ada pertengkaran melalui bentuk apapun. Jangan lagi ada olok-olokan yang menurut saya ujung-ujungnya hanya menunjukkan bagaimana kredibilitas sang pendukung itu sendiri.

Berdirilah yang elok selaku pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden. Berdirilah yang anggun dan tunjukkan bahwa seorang terpelajar tidak akan pernah menyerang kubu lawan dengan hal-hal yang memalukan. Dan berdirilah dengan penuh kesederhanaan namun tetap bersahaja.

Pak Prabowo dan Pak Joko yang sangat saya kagumi,

Bapak berdua adalah benar-benar sosok Ayah idaman, yang telah mampu mengharumkan nama keluarga dengan meluncur dalam dunia politik negara yang semua orang tahu bahwa ini adalah hal yang tidak mudah.

Menjadi pemimpin untuk mengajak seluruh rakyatnya pada kebaikan.
Menjadi pemimpin untuk membimbing seluruh rakyatnya menuju jalan kebenaran.
Dan menjadi pemimpin untuk mengayomi seluruh rakyatnya agar tetap berada pada keteduhan dan kesejahteraan.

Pak Prabowo dan Pak Jokowi yang luar biasa,

Tentu salah satu dari Bapak nanti akan terpilih menjadi Presiden bagi tanah air tercinta ini. Tidak banyak harapan yang mampu kami curahkan, hanya permohonan tetaplah tegas, sederhana namun bersahaja kepada Bangsa Indonesia.

Jangan pernah marah ataupun bagaimana, bagi salah satu dari Bapak yang nantinya belum mendapat kepercayaan dari rakyat Indonesia untuk memimpin negara ini.

Jangan pernah luapkan kekecewaan melalui cara apapun.
Jangan pernah lampiaskan ketidaksukaan melalui teknik apapun.
Sampaikan pula kepada seluruh pendukung Bapak-bapak sekalian, jangan pernah lakukan itu semua. Tetaplah berbesar dan berbangga hati karena telah berhasil melewati pesta demokrasi ini dengan penuh senyuman.

Kemajuan negara Republik Indonesia adalah harapan kita semua. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa seluruh rakyat Indonesia menumpukan harapan ini kepada Bapak berdua beserta wakilnya.

Untuk itu harapan kami semua adalah agar siapapun yang terpilih nanti untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 - 2019, agar mewujudkan semua harapan-harapan kami, gelegar suara hati rakyat kecil yang selama masa kampanye ini telah Bapak dengar dan mungkin rasakan.

Agar yang menduduki kursi Presiden dan Wakilnya nanti benar-benar memperhatikan dan berupaya melakukan peningkatan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Dan kami percaya, Pak Prabowo & Pak Hatta Rajasa, serta Pak Joko Widodo & Pak Jusuf Kalla adalah pribadi-pribadi santun nan baik yang mampu mewujudkan mimpi seluruh rakyat Indonesia.

Demikian Pak Prabowo dan Pak Jokowi, selamat menuju proses Pemilihan Presiden RI 2014 - 2019. Tetaplah menjadi Bapak yang apabila semakin berisi maka semakin merunduk. Seperti padi, sebuah tanaman yang menghampar luas di tanah air ini dan juga menjadi lambang sila ke 5 Pancasila, yang menggambarkan kesejahteraan rakyat.

Selamat berjuang dan bersiaplah menang, pun kalah.

Salam dari anak negeri yang sangat bangga pada Pak Prabowo Subianto, Pak Hatta Rajasa, Pak Joko Widodo dan Pak Jusuf Kalla.

-dewi-

(dnu, 2 Juli 2014, ditulis otw to kantor sambil menikmati macet di Cawang, 07.28)