Saturday, February 7, 2015

Indonesia Harus Bangkit! Jangan Mau Dihina Negara Manapun !



Kembali Negara tetangga bikin seluruh rakyat Indonesia geram!!! Tenaga Kerja Wanita yang bekerja di Malaysia disamakan dengan alat pembersih! Luar biasa jahatnya!!!

Berita ini beredar luas pada Kamis (5/2) melalui berbagai media pemberitaan. Penghinaan besar-besaran terhadap bumi Indonesia. Kalimat iklan yang memiliki arti Pecat Pembantu Indonesia ini dibuat oleh suatu perusahaan alat pembersih.

Siapapun yang melihat iklan ini atau mendengar berita ini bisa langsung berasap kepalanya. Terang saja Warga Negara Indonesia yang sedang mencari nafkah di negeri jiran dengan profesi pembantu rumah tangga dihina dengan sangat terbuka.

Oke, kita bisa tambah geram jika mengingat perbuatan apa saja yang telah dilakukan Malaysia hingga membuat Indonesia murka. Mulai dari permasalahan budaya hingga kini masalah pembantu!
Jangan lama-lama diingat hal-hal yang membuat geram ini, ada hal lain yang lebih penting dari sekedar penghinaan tak berkelas dari Negara tetangga itu, yakni Indonesia harus bangkit!

Kita sebagai warganya jelas memiliki peranan penting untuk kebangkitan Indonesia dalam menghadapi ujian-ujian dari Negara tetangga ini.

Beberapa hal yang menurut saya bisa dilakukan. Pertama, anak mudanya harus menggapai ilmu dengan baik, kuasai ilmu dan milikilah wawasan yang luas. Perkaya diri dengan informasi-infirmasi terkini. Jadilah pribadi yang up to date. Berusaha tampil menjadi pribadi yang pintar. Terbuka terhadap segala hal.  Dengan pemenuhan kriteria yang demikian maka para tunas bangsa akan tumbuh menjadi pribadi yang pintar sehingga bisa memiliki pekerjaan yang bukan seorang Tenaga Kerja di Negara tetangga.

Ke dua,  semangat mengubah diri. Dengan adanya dorongan yang kuat dari dalam diri untuk mengubah kepribadian kea rah yang lebih baik maka jalan untuk menjadi seseorang yang luar biasapun akan terbuka. Yang penting semangatnya ada dulu. Seperti pepatah mengatakan, ada kemauan pasti ada jalan J

Ke tiga,  selain semangat mengubah diri harus ada juga rasa cinta yang amat dalam terhadap tanah air. Dengan besarnya rasa cinta terhadap tanah kelahiran maka keinginan untuk membesarkan bangsa ini juga akan mengalir dengan sendirinya. Akan tumbuh rasa dimana kita akan amat marah jika ada yang mendiskreditkan bumi Indonesia, akan tumbuh rasa dimana kita akan sangat tidak suka jika ada yang mengecilkan Indonesia. Bahkan bisa akan merasa amat tersakiti jika ada yang menganggap Indonesia hanyalah Negara biasa yang hanya terus menerus dalam tahap berkembang dan tidak mengalami kemajuan.

Agar semua hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi terhadap Negara kita maka menurut saya, anak mudanya harus bangkit. Masing-masing memiliki peranannya masing-masing, berkembanglah dalam bidangnya sendiri-sendiri. Tetap ikuti naluri ingin berkembang di jalur mana, namun tujuannya sama yakni untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Pelecehan verbal maupun non verbal, nyata maupun terselubung tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Untuk itu berangkat dari dalam diri setiap penghuni Tanah Air Indonesia dengan niat dan tujuan yang sama untuk kemajuan bangsa, namun dilaksanakan dengan cara yang berbeda-beda. Karena apa? Karena kita berbeda namun tetap satu jua J

Ujung-ujungnya apa? Agar Negara tetangga dekat, Negara jauh, Negara di seberang samudera maupun di lain benua, pada akhirnya memandang Indonesia sebagai Negara kepulauan dengan seluruh warga negaranya yang berkualitas diatas rata-rata J

(dnu, ditulis sambil ngemil opak singkong yang bunyinya kriuk kriuk, 7 Februari 2015, 20.11)