Tuesday, May 19, 2015

Cantikmu Karena Syar'i-mu



Dear para ukhti cantik calon bidadari syurga, saya ingin berbagi tentang indahnya pakaian syar'i kita, melalui artikel singkat ini yang ditulis oleh wanita yang sedang belajar menuju syar'i.

Memang benar cantik itu akan terpancar dari hati yang juga cantik. Tapi tidak bisa dikesampingkan bahwa Allah SWT juga senang apabila umatnya berusaha membuat dirinya baik dipandang mata.

Bagi kaum muslimah menjadi cantik itu amat mudah. Pakailah pakaian yang sederhana, hijab lebar tergerai menutupi dada, dengan tanpa banyak lilitan disana-sini, sempurnakan ibadah, maka aura kecantikanmu akan terpancar dengan sendirinya.

Dewasa ini banyak sekali bertebaran dimana-mana para penjual pakaian muslimah yang bernuansa syar'i. Mengapa saya menggunakan kata nuansa? Karena ada yang benar-benar syar'i dan ada yang hanya bernuansa syar'i.

Tidak apa-apa, mungkin inilah jalan menuju syar'i yang sesungguhnya, sehingga banyak yang menjadi bumbu-bumbu pelengkap untuk sebuah kesempurnaan.

Untuk nuansa syar'i contohnya ialah yang berukuran panjang menutupi seluruh tubuh namun kurang tepat pada pemilihan bahannya. Misalnya bahan yang dipilih adalah yang mudah sekali menempel atau mencetak bentuk tubuh yang memakainya. Hal ini mengakibatkan para ukhti cantik calon bidadari syurga menjadi agak kurang elok dipandang mata.

Sebuah pakaian yang panjang, terkesan longgar namun pada jenis bahan tertentu tetap bisa memperlihatkan dengan jelas bentuk tubuh yang memakainya. Untuk yang seperti ini rasanya sayang sekali jika kita sudah berniat untuk menutup aurat tapi masih agak kurang pas dalam memilih perlengkapannya.

Ada juga yang ukuran pakaiannya panjang, berbahan tebal, tidak mudah menempel di tubuh, tapi tidak longgar alias press body. Nampaknya sama-sama sayangnya dengan iringan niat hati yang sudah baik untuk berhijab tapi lagi-lagi masih kurang tepat memilih pakaiannya.

Bagi yang gemar menggunakan pakaian yang masih bernuansa syar'i, tidak apa-apa dan tidak bisa disalahkan. Bisa jadi ini adalah proses menuju sebuah kesempurnaan. Atau memang jalan seperti ini yang harus ditempuh terlebih dahulu dalam mencari apa yang dimau oleh Tuhanmu.

Saat ini banyak sekali pilihan-pilihan pakaian menuju syar'i dan kita sebagai penggunanya harus pandai-pandai memilihnya. Yang tidak ketat, tidak membentuk bagian-bagian tubuh tertentu dan tentu yang nyaman digunakan dalam kondisi apapun.

Milikilah hijab syar'i seperlunya, sederhanakanlah penampilanmu dan belilah yang harganya tidak terlalu jauh dengan harga kain kafan ^^

(dnu, ditulis sambil merasakan sulitnya makan pake sumpit zzzzzzzz...., 19 Mei 2015, 18.00 WIB)