Sunday, May 31, 2015

Kreatifitas Tanpa Batas

Pernah dengar ungkapan yang mengatakan bahwa salah satu hal yang paling berharga dalam hidup selain kesehatan ialah waktu luang? Jika iya, apa yang biasanya anda lakukan saat menghadapi hal berharga yang ke dua yakni waktu luang? Beberapa memilih untuk beristirahat atau mengerjakan hobi.

Tidak ada yang salah dalam setiap pilihan seseorang dalam menyikapi waktu luangnya masing-masing. Bebas saja mau diisi dengan hal yang sesuai dengan kata hati atau keseimbangan fikiran. Yang patut disayangkan ialah seseorang yang tak piawai mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupannya. Hanya bengong-bengong belaka atau tertidur pulas sambil mengharapkan rejeki melimpah ketika bangun dan terjaga.

Terhadap individu yang seperti ini mungkin bukan cuma hubungan yang bingung mau dibawa kemana, tetapi juga galau hidupnya mau diarahkan kemana. Jika hanya mengisi waktu luang saja tak bermanfaat, lalu bagaimana menyikapi waktu-waktu yang amat padat dengan berbagai aktifitas?

Bagi yang sudah bekerja mungkin yang dilakoninya sekarang bukanlah passion atau bidang kesukaannya. Karena beda orang beda pula proses pergerakan hidupnya. Ada yang memilih untuk menerima pekerjaan apapun demi mendapatkan materi yang cukup baginya, namun ada juga yang setia memilih passion demi meraih mimpi-mimpinya walaupun materi yang didapatkan tidak seberapa.

Lalu bagaimana dengan kegiatan kesukaan bagi yang bekerja tidak pada passionnya? Bisa jadi waktu luang adalah hal yang amat dinanti-nanti agar bisa mengerjakan semua mimpi-mimpinya yang belum kesampaian.

Creative is unlimited, atau kreatifitas itu tidak terbatas. Apapun yang menjadi minat dalam hidup pasti bisa dijalankan dalam keadaan waktu yang bagaimanapun. Terlebih lagi jika ada waktu luang, tentu hal ini menjadi anugerah tersendiri.

Tidak terbatas bisa diartikan tidak terbatas waktu, tidak terbatas usia, tidak terbatas kesempatan, bahkan tidak terbatas jiwa raga. Siapa saja bisa melakukan apa yang menjadi minatnya.

Kita bisa melakukan apa saja yang kita mau. Tidak lagi ada kata "asal". Asal ada waktunya, asal ada uangnya, asal ada sarananya atau asal ada temannya. Semua yang menjadii gairah hidup bisa dilakukan dengan tanpa kata "asal".

Lalu bagaimana kita bisa menumbuhkan suatu kreatifitas? Ingat-ingat lagi apa yang menjadi hobi/passion/gairah dalam hidupmu!

Bagaimana saya bisa menjalankan hobi saya sedangkan setiap harinya saya amat sibuk? Ingat-ingat lagi, sesibuk itu kah dirimu? Tentu tidak. Pasti ada waktu luang!

Bersama tulisan sederhana ini saya sertakan beberapa hasil kreatifitas seseorang dalam memanfaatkan waktu luang, atau bahkan mungkin saja hal ini adalah salah satu hobinya. Dimana foto-foto ini tentu mempunyai hak cipta.

So, mulailah menjadi manusia yang lebih kreatif agar lebih bermanfaat, because creative is unlimited ^^

(dnu, ditulis sambil ngemil makanan kesukaan -cheese cake - yyeeaayyy!!!, 31 Mei 2015, 17.53 WIB)

Photo by victor nunes faces