Saturday, May 2, 2015

Mari Ubah Potret Pendidikan Indonesia

Mulai hari ini semoga semakin berkurang kisah anak-anak yang ingin berangkat ke sekolah untuk menempuh pendidikan namun harus melewati jembatan gantung yang nyaris runtuh, dan ada sungai besar dengan air amat tenang dibawahnya.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang asyik menikmati rokok di toilet sekolah saat jam pelajaran berlangsung.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang hingar bingar merayakan kelulusan ujiannya dengan pesta sex atau sejenisnya.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang merayakan kelulusannya dengan konvoi kendaraan bermotor di jalan raya dengan pakaian dicorat coret sana sini.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang diperdaya oleh orang dewasa untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya belum waktunya.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang mencarai uang sendiri dengan jalan tidak halal.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang sudah pandai menikmati hiburan orang dewasa dengan tanpa pikir panjang karena tak ada pengawasnya.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang sudah amat piawai dengan gadget masa kini untuk hal-hal negatif, walau tak bisa dihindari karena sama juga melawan zaman.

Semoga semakin sedikit anak-anak sekolah yang lupa akan pentingnya beribadah kepada Tuhannya masing-masing.

Di hari Pendidikan Nasional ini,

Semoga semakin banyak pribadi-pribadi yang semakin peduli pada pendidikan anak Indonesia.

Semoga semakin bertumbuh dan berkembang para pendidik formal maupun informasl yang bekal pengetahuannya membaik dari hari ke hari.

Semoga semakin banyak remaja-remaja yang berenergi postif dan terbuka hatinya untuk turut berkontribusi terhadap kelangsungan pendidikan para tunas bangsa.

Semoga semakin banyak individu baik yang memiliki perhatian lebih dan tergerak hatinya untuk turut berbuat banyak bagi perbaikan pendidikan bangsa.

Semoga semakin banyak orang-orang yang terpanggil jiwanya untuk bangkit berdiri dan mendukung pemerintah atas pergerakan pendidikan ke arah yang lebih baik.

Semoga semakin banyak manusia-manusia yang mampu melihat dengan mata dan hatinya bahwa sesungguhnya kelangsungan pendidikan anak cucu kita adalah tanggung jawab bersama.

Ajarkan hal baik semampumu.
Ajarkan hal positif sebisamu.
Ajarkan hal mulia seindah akhlakmu.
Ajarkan apapun yang kamu bisa, hanya demi terbukanya mata anak Indonesia kita, bahwa kelangsungan bangsa ini adalah di tangan mereka.

Akhir kata,

Semoga banyak orang yang membaca tulisan ini.

Semoga tergerak hatinya untuk berbuat yang terbaik bagi potret pendidikan anak Indonesia, mulai dari hari ini.

Anak Indonesia harus bahagia.
Anak Indonesia harus ceria.
Dan anak Indonesia harus berkahlak mulia dengan kehidupan yang sentosa.

Karena tidak ada yang lebih indah selain bisa melihat anak cucu kita tumbuh sebagai pribadi yang sehat, pintar dan bahagia.

Karena sesungguhnya, mereka harus bangga menjadi anak Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Cc. Bp. Anies Baswedan


#‎haripendidikannasional‬ ‪#‎hardiknas‬ ‪#‎2mei‬ ‪#‎dewinurbaiti‬ ‪#‎tulisandnu‬ ‪#‎etalasedewi‬ ‪#‎kompasiana‬ ‪#‎dnu‬ ‪#‎karenaguru‬ ‪#‎terimakasihguru‬ ‪#‎potretpendidikanindonesia‬

(dnu, ditulis di klinik sambil nemenin Bapak check up pasca operasi mata - gws bapak - love you, 2 Mei 2015, 14.05 WIB)