Tuesday, July 28, 2015

Menatap Danau Maninjau dari Puncak Lawang

Jelajah Seru Ranah Minang
#7

Sebenarnya area Puncak Lawang yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini tidakk terlalu luas. Pergelaran wisata di puncak ini pun tidak banyak, hanya ada beberapa jenis permainan untuk anak serta remaja.

Tapi dibalik itu semua ada yang istimewa disini, yakni dari Puncak Lawang ini kita bisa melihat hamparan luas Danau Maninjau yang merupakan danau yang amat terkenal di Ranah Minang.

Menatap danau nan luas dengan tenang, sendirian tak ada gangguan hanya angin yang menemani, bisa menjadi tatapan mata paling romantis yang pernah terjadi :p

Keistimewaan lainnya ialah banyaknya pohon yang menjulang tinggi, di atas tanah bukit yang bersih menjadi pemandangan indah tersendiri.

Kenapa pohon-pohon ini bisa tumbuh subur tanpa mematikan pohon yang lain, bahkan tetap menebar manfaat bagi lingkungan di sekitarnya?

"Pepohonan saling beradu tumbuh tinggi, bukan untuk saling menyaingi tapi untuk bersama menaungi. Dengan lebat daunnya dan rindang rantingnya bersama memberikan keteduhan guna melahirkan bentangan kesejukan. Hanya semata, bagi siapa saja yang ada di sekitarnya..."

Marilah kita bersama-sama belajar dari ilmu pohon di bukit ini. Tetap tumbuh menjulang tinggi tanpa harus menjatuhkan teman yang lain, bahkan tetap dengan pasti memberi manfaat bagi siapa saja yang ada di kehidupan kita.

(dnu, ditulis sambil menghayal makan sayur kangkung pake kuah pake cabe - ngga penting pake nasi apa ngga haha..., 28 Juli 2015, 20.20 WIB)