Thursday, July 30, 2015

Wisata Air Terjun Pinggir Jalan, Lembah Anai

Jelajah Seru Ranah Minang
#9

 Sebelumnya saya menyebutnya dengan "air terjun pinggir jalan", karena letaknya yang memang persis di pinggir jalan raya. Namun setelah bertandang langsung ke lokasi yang sesungguhnya kini saya sudah hafal mengenalnya dengan nama "Air Terjun Lembah Anai".

Desir air yang turun dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 60 meter ini tidak mengerikan, bahkan membawa pesan damai tersendiri bagi yang menikmatinya. Bagi yang sedang gundah gulana boleh dicoba dengan main-main kesini, foto-foto, selfie-selfie, dijamin Anda akan semakin galau! Ahahaha..... Karena jelas tempat ini kurang asyik jika hanya dikunjungi seorang diri.

"Lembah Anai Terletak di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi, air terjun ini sebenarnya terletak di kawasan cagar alam Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Di sekitar air terjun terdapat monyet yang berkeliaran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter ini punya pemandangan luar biasa. Pada saat liburan, air terjun ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung." *Wikipedia

Keunikan air terjun ini ialah letaknya yang berada di pinggir jalan utama. Berbagai kendaraan yang melintas bisa sambil lalu menikmati keindahannya.
Area Air Terjun Lembah Anai memang tidak terlalu luas, namun berkat keunikannya air terjun ini berhasil menjadi salah satu objek wisata yang patut diperhitungkan di Sumatera Barat.

Tak sedikit wisatawan asing maupun lokal yang sengaja berkunjung ke wisata air ini, untuk menikmati keunikannya atau hanya sekedar foto bersama.

Jumat (24/7) lalu saya merasakan percikan langsung air terjun ini. Curahan kuat dari tebing yang tinggi memberikan deburan suara yang seru untuk dinikmati. Kolam alami berkat tumpahan air yang terletak dibawahnya juga menjadi kesenangan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya. Mencuci kaki, membasuh muka atau hanya merasakan kesejukan airnya diujung kuku menjadi aktifitas yang amat seru.

Melalui suatu situs berita online dan video yang beredar di dunia maya beberapa bulan lalu, saya mendapat informasi bahwa Air Terjun Lembah Anai ini pernah mengamuk, yang artinya curahan air yang turun dari tebing amat deras, bahkan mungkin dalam volume yang berkali-kali lipat. Hal ini mengakibatkan kubangan air yang tak luas dibawahnya menjadi meluap tumpah ruah hingga membanjiri jalan raya.

Amukan yang terlihat cukup mengerikan ini hanyalah sebuah fenomena alam yang wajar terjadi. Mungkin saja karena curah hujan sedang tinggi sehingga menyebabkan air yang tumpah melebihi sebagaimana yang terjadi sehari-hari.

Walau demikian dalam keadaan yang paling tenang ini Air Terjun Lembah Anai telah berhasil memperlihatkan kecantikannya, keelokannya dan keluarbiasaannya sebagai wisata Air Terjun pinggir jalan.

Jalan-jalan ke Bukittinggi? Jangan lupa mampir lembah anai ya!

Air sejuk menyejukkan.
Air tenang menenangkan.
Air Terjun Lembah Anai memang sejuk dan menenangkan ^^

(dnu, ditulis sambil ngantuk-ngantuk tak jelas...., 30 Juli 2015, 21.07 WIB)

Lihat tatapan mata saya yang amat kagum terhadap air terjun ini...
Btw, apakah mata saya kelihatan? Ahahhaha....