Sunday, August 16, 2015

Istana Nan Elok, Istana Pagaruyung

Jelajah Seru Ranah Minang
#13

Istana Pagaruyung yang dalam bahasa minang adalah Istano Basa Pagaruyuang merupakan salah satu tujuan wisata di Provinsi Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Rasanya bisa dibilang misi di Ranah Minang belum komplit jika belum ke Istana yang cantik jelita ini.

Bangunan kebanggaan rakyat Minangkabau ini terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Musibah kebakaran ini kembali terulang pada tanggal 27 Februari 2007, akibat petir yang menyambar di puncak istana. Akibatnya, bangunan tiga tingkat ini hangus terbakar.

Istano Basa Pagaruyuang ini merupakan pusat budaya Minangkabau. Oleh karenanya disini kita bisa melihat berbagai benda kebudayaan yang berasal dari Sumatera Barat, serta berbagai informasi terkait bumi yang terkenal dengan legenda Malin Kundang ini.

Di lantai pertama kita bisa melihat berbagai pakaian adat dan benda-benda budaya dari Sumatera Barat. Namun sebelum naik ke lantai ini dibagian bawah panggung Istana kita bisa menemukan area khusus penyewaan Pakaian Adat Sumatera Barat yang dikenal dengan Baju Daro dan hiasan kepala wanita yakni Sunting. Tidak hanya pakaian adat wanita, untuk kaum pria pun lengkap bisa menyewanya disini. Bahkan untuk anak-anak juga tersedia di area yang menarik ini.

Di lantai ke dua kita bisa melihat ke luar melalui jendela yang terdapat di seluruh dinding bangunan Instana. Melihat dengan pandangan yang begitu luas untuk pesona Tanah Datar yang amat indah.
Di lantai ketiga kita juga bisa melihat pemandangan yang lebih luas lagi untuk pesona Sumatera Barat yang penuh dengan pepohonan hijau dan disela-selanya terdapat rumah-rumah penduduk yang masih mengusung budaya rumah tradisional Minangkabau.

Bangunan Istana yang amat megah ini telah menjadi icon tersendiri bagi Provinsi Sumatera Barat. Sejak dibukanya untuk umum yakni kurang lebih tahun 1970-an, hingga kini Istana Pagaruyung mampu menyerap begitu banyak kunjungan dari wisatawan baik lokal maupun asing.

Istana ini ditata sedemikian rupa dan tampak begitu asri hingga membuat siapa saja yang berkunjung kesini merasakan benar pesona Ranah Minang yang elok nan rupawan.

Mungkin suatu saat nanti siapa saja yang cinta Ranah Minang bisa membuat program “Visit Istano Basa Pagaruyuang” untuk lebih mengenalkan tentang budaya Minangkabau yang memiliki daya tarik tersendiri.

(dnu, pernah menulis sambil nahan ngantuk?? Saya pernah!, 17 Agustus 2015, 09.08 WIB)

Found me at :
Website :
www.tulisandnu.net
www.kompasiana.com/dewinurbaiti
www.etalasedewi.com
Instagram : @dewinurbeauty
Path : @dewinurbeauty
Linkedin : Dewi Nurbaiti
Google+ : www.google.com/+Dewinurbaitiku
Tumblr : Dewi Nurbaiti
Pinterest : Dewi Nurbaiti
Goodreads : Dewi Nurbaiti
Email : justdnu@gmail.com