Sunday, September 6, 2015

Jangan Mudah Baper Pliiiss...

Tahu baper?? Yup! Istilah yang lagi kekinian sangat. Baper = bawa perasaan. Alias sensitif, alias mudah tersentuh atau dengan kata lain perasaannya halus sekali sehingga mudah meluapkan emosi. Baik emosi sedih, marah, senang atau lainnya.

Berikut ini saya ingin menyajikan beberapa tips to keep strong agar tak mudah baper. Tentu saja tipsnya masih ala ala DNU :p

1. Tumbuhkan rasa cuek yang positif dalam dirimu. Jadi kalau ada orang lain yang berkata agak nyelekit, karena kamu cukup cuek maka dijamin tak akan mudah marah ataupun sedih seketika.

2. Bangun terus pikiran positif dalam hati dan kepalamu.
So, mendapatkan kritik sepedas apapun kamu akan menerimanya sebagai kalimat penyemangat yang akan membuatmu semakin kuat dan terus membangun diri.

3. Keep strong! You're not alone!
Ada masalah yang amat menyedihkan? Terlalu sedih jika diceritakan? Sehingga hanya dengan mengingatnya saja air matamu langsung meleleh? Ingat sekali lagi, kamu ngga sendiri! Masih ada teman yang bisa meminjamkan bahunya untukmu bersandar, meminjamkan telinganya untuk mendengar ceritamu, bahkan menyerahkan hatinya untukmu agar perasaan sedihmu bisa dibagi dua dengannya. So sweet ya? Hahaha...

Tapi teori ini benar adanya, kalau kamu merasa kamulah orang tersedih di dunia, kamu salah. Yakin, masih banyak yang masalahnya lebih berat darimu, hanya saja ia lebih kuat darimu. Sehingga, ia nampak lebih baik dan nampak masalahnya tak sebesar masalahmu.

4. Pede aja ngejalanin hidup! Anggap semua yang ada disekitarmu adalah hal-hal yang mampu membuatmu bahagia. Jangan sebut sebagai masalah, tapi sebutlah sebagai dinamika kehidupan.

Jangan sebut kesedihan, tapi sebutlah dengan ujian. Jangan sebut dengan rasa sakit, tapi sebutlah dengan lukisan perasaan.

Sekali lagi, jangan mudah membawa segala bentuk emosi menjadi luapan perasaan yang berlebihan.

Jangan mudah baper! Keep strong guys!

(dnu, ditulis sambil makan gado-gado yang dipesen lontong tapi isinya nasi, 4 September 2015, 13.01 WIB)