Sunday, September 6, 2015

Lima Cara Asyik Memanfaatkan Waktu yang Sempit

1. Manfaatkan waktu untuk menambah ilmu.
Bisa dengan membaca berita online dari gadget, baca buku, koran, majalah, nonton tv atau mendengarkan radio. Semua ada manfaatnya, melalui media apapun itu.

2. Manfaatkan waktu untuk beristirahat.
Ada pendapat yang mengatakan, walaupun tidur hanya satu jam tapi kalau nyenyak menjadi lebih berkualitas bila dibandingkan dengan yang lima jam tapi sambil mengenang permasalahan yang belum terselesaikan.

3. Manfaatkan waktu untuk melakukan hobi.
Tertarik pada bidang masak memasak? Atau berkebun? Lakukanlah dalam waktu sempitmu, niscaya suatu saat nanti akan melahirkan sebuah karya yang luar biasa berangkat dari hobi yang ditekuni.

4. Manfaatkan waktu untuk berolah raga.
Di waktu yang luang justru kadang olah raga yang notabene amat penting untuk kesehatan sering terabaikan. Maka jika ada waktu sesempit apapun, sempatkan untuk berolah raga, minimal meregangkan otot yang kaku karena aktivitas seharian.

5. Manfaatkan waktu untuk menjadi diri sendiri.
Lakukan apa yang hatimu katakan. Kadang setiap hari kita terjebak dengan rutinitas yang tanpa sadar adalah untuk kemajuan orang lain. Kita support habis-habisan untuk orang lain tersebut tanpa pernah ingat bahwa ada raga kecil yang juga harus diperhatikan haknya.

Dalam waktu yang sempit jika hatimu berkata "saya harus move sejenak ke luar kota hanya untuk menenangkan fikiran atau hanya sekedar ingin bangun siang dan menghirup udara yang bebas asap knalpot..." Jangan pikir panjang, lakukanlah.

(dnu, tips ala ala DNU yang ditulis sambil mabok abis minum obat sakit kepalah, 31 Agustus 2015, 20.12 WIB)