Thursday, October 29, 2015

Assalamualaikum Karawang!


Kota yang terletak diantara Jakarta dan Purwakarta, yang terkenal dengan goyangannya sang mojang yakni goyang karawang, saya jajaki dengan penuh cinta pagi ini.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan saat menuju wilayah ini, diantaranya ;

Jalan toll yang amat sangat lancar, namun tidak boleh dibilang tumbenan.

Jangan salah masuk pintu pom bensin, exit itu keluar, dan kalau masuk itu entry :p

Melwati tiga taman pemakaman yang terletak sedikit di pinggir jalan toll yakni Lestari, Al Azhar dan Sadiego Hilss, mengingatkan bahwa kita pasti akan kembali ke bumi karena kematian bisa sewaktu-waktu menghampiri.

Jalan beriringan dengan berbagai truk, tronton dan sejenisnya di jalan yang tak berliku ini, mengingatkan bahwa masih ada orang yang lebih susah dari pada kita dalam melaksanakan pencarian nafkahnya. Tapi bedanya, para supir dan kenek truk tersebut terlihat amat semangat dalam membelah aspal sepanjang jalan kenangan tersebut. Sedangkan saya? Masih sering sekali mengeluhkan ini dan itu.

Memasuki kawasan industri, mendekati lokasi tujuan, saya melihat banyak warung-warung kecil, beratap terpal seadanya, berdinding kayu, lengkap dengan bangku kayu panjang dihadapannya. Mengingatkan saya bahwa dibalik gegap gempitanya pembangunan pusat perbelanjaan di kota-kota besar, masih ada para pengusaha kecil yang bekerja dengan semangat tiada henti, setiap hari, walaupun keuntungan yang akan didapatkannya hari ini belum pasti.

Bagaimana cara menyambung hidup ala mereka? Jalani saja, tanpa perlu berharap lebih kepada manusia. Karena kalau sudah rejekinya pasti tak akan kemana. Sedangkan para pengusaha di mall-mall pusat kota, belum apa-apa sudah menaikkan harga dengan harapan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Karawang, kota penuh cerita sederhana namun luar biasa, di tengah pembangunan kota yang kadang kala tak memikirkan lagi dimana pepohonan hijau masih boleh berdiri dan tertata.

(dnu, ditulis disela-sela waktu menjadi MC sebuah acara hihihi..., 29 Oktober 2015, 10.20WIB)