Thursday, July 7, 2016

Tokoh BJ Habibie di Serial Anak Sopo Jarwo

Tiga hari yang lalu (5/7) sambil istirahat sore saya menemani anak menonton televisi tepatnya serial kartun Sopo Jarwo. Ada yang mengejutkan untuk saya di sini, yaitu adanya tokoh nasional Bacharuddin Jusuf Habibie, mantan Presiden Republik Indonesia tahun 1998-1999. Siapa yang tidak kenal beliau, seorang warga negara Indonesia yang sempat tinggal di Jerman dengan kiprahnya yang amat hebat dalam pembuatan alat transportasi udara, pesawat terbang.

Serial kartun Sopo Jarwo saat itu patut diacungi jempol, karena dalam muatan ceritanya diselipkan kisah sukses seorang tokoh Indonesia agar ditiru oleh anak-anak yang menontonnya. Dimana kita ketahui bersama bahwa usia anak adalah usia yang paling pandai untuk meniru. Apa yang dilakukan oleh orang dewasa dan menarik baginya, maka akan mudah sekali masuk ke dalam otak mereka.

Di tengah gempuran tayangan tak mendidik bagi anak, mulai dari bebasnya video-video asusila beredar di internet, sinetron yang menunjukkan kekerasan anak saat di sekolah, jumawanya anak dalam memenjarakan guru sekolahnya, serta pikiran bejad anak-anak akibat pergaulan bebas mengenai aksi perkosaan, ternyata masih ada film kartun anak dalam kemasan sederhana namun dengan muatan yang luar biasa.

Hal ini perlu dijadikan contoh bagi para pengusaha perfilman atau pembuat tontonan anak, bahwa alangkah baiknya jika dalam setiap sajian diselipkan kisah-kisah inspiratif yang bermanfaat untuk anak. Seperti halnya serial Sopo Jarwo tersebut, dimana dalam adegannya terlihat tokoh BJ Habibie tengah berbincang dengan Sopo, Jarwo, Adit dan yang lainnya mengenai kisah beliau saat tinggal di negeri orang, serta kemampuannya merakit pesawat terbang.

Tidak hanya memberikan kisah sukses, tapi tokoh BJ Habibie saat itu juga menceritakan kepada anak-anak tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam merakit sebuah pesawat terbang. Bagaimana agar besi seberat itu bisa mengangkasa, membawa penumpang, terbang dengan seimbang serta tidak mudah jatuh tersungkur.

Memberi contoh kepada anak tidaklah sulit, cukup lakukan apa yang menurut para orang tuanya baik, maka secara otomatis anak akan mengikutinya. Karena percuma saja banyak bicara kalau apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan yang kita katakan.

Contohnya serial kartun Sopo Jarwo ini, menyelipkan kisah terdidik dari orang yang sukses di tanah air, agar anak yang menontonnya terinspirasi dan tergerak untuk turut menjadi pribadi yang berguna bagi negeranya, Indonesia.

(dnu, ditulis sambil minum bajigur asoy hahaha...., 8 Juli 2016, 08.33 WIB)