Thursday, May 25, 2017

Apakah untuk Berubah Selalu Butuh Momentum? #Jelang Ramadhan

Tidak sedikit dari kita yang menumbuhkan niat untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik khususnya dalam hal peningkatan iman dan taqwa ketika Ramadhan mulai dijelang. Beberapa hal mungkin diusung untuk menjadi alasannya, contoh ; nuansa islami yang lebih kuat terasa saat Ramadhan maka akan mudah mengikuti arusnya jika melakukan perubahan, atau karena di bulan suci ini pahalanya berlipat ganda sehingga ingin memulainya dari sini saja, dan alasan-alasan lainnya yang sungguh mulia adanya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari sikap seperti ini, toh setiap orang memang bebas menentukan kapan waktu yang tepat bagi dirinya sendiri untuk berubah menjadi lebih baik. Tapi tentunya banyak juga yang selalu berusaha mengubah dirinya ke arah yang lebih positif di setiap helaan nafasnya. Sekali lagi, rambut boleh sama hitam tapi isi kepala tentu berbeda. Tidak ada yang perlu disalahkan jika seseorang memutuskan untuk berhijrah kala memasuki bulan seribu bulan ini, karena dalam keinginannya untuk berubah menjadi lebih baik saja sudah patut diacungi jempol. Perkara waktu hanya kebetulan saja yang datangnya bersamaan dengan Ramadhan.

Bagi sebagian perempuan misalnya berniat akan mengenakan hijab mulai hari pertama di bulan suci Ramadhan, atau akan rajin mengaji saat Ramadhan nanti, dan akan-akan lainnya yang bergerak ke arah perbaikan. Sangatlah perlu diberikan tepuk salut bagi yang seperti ini, lalu abaikan perkara momennya, karena setiap orang tentu punya pemikiran yang berbeda-beda. Kita sebagai orang yang ada di sekitarnya hanya perlu memberikan dukungan saja.

Berangkat dari paparan kenyataan di atas, kita semua tentu setuju bahwa sejatinya perubahan tidak membutuhkan momentum apa-apa. Menjadi lebih baiklah mulai kapan saja sesuai dengan kata hati nurani, karena tentunya saat tersebutlah ketika Allah SWT membukakan hati kita agar menjadi hambaNya yang semakin istimewa.

Jika sudah ada niat baik, percayalah semesta pasti mendukung.
Alhamdulillah wa syukurillah jika Ramadhan bisa menjadi awal untuk berubah menjadi lebih baik selamanya.

Yuk berhijrah!

(dnu, ditulis sambil ngemil 4 biji donat gratisan hahaha...., 25 Mei 2017, 21.41 WIB)