Saturday, May 27, 2017

Berpulang Di Awal Ramadhan #Ramadhan_1

Dalam setiap perjalanan hidup tentu ada pengalaman-pengalaman baik yang dapat kita jadikan pelajaran berharga. Seperti halnya hari ini, tanggal 1 Ramadhan 1438 H, salah satu kerabat keluarga suami berpulang kehadirat Allah SWT. Menahan kesedihan karena ditinggal untuk selamanya oleh orang yang kita cintai tentu bukan hal yang mudah, terlebih jika seseorang tersebut menyisakan banyak kenangan indah bagi keluarga yang ditinggalkannya. Di tengah kedukaan seperti ini sesungguhnya Allah SWT tidak menginginkan pihak-pihak yang ditinggalkan bersedih dan meratap berlebihan, karena kembalinya keluarga tercinta ke pangkuan Allah SWT tentu atas kehendak-Nya.

Berangkat dari hal tersebut hari ini saya belajar, ketika saya dan keluarga takziah ke rumah duka, di indahnya Ramadhan pertama ini saya melihat pemandangan yang juga indah. Usai memakamkan ayahnya, satu persatu anggota keluarga dari almarhum kembali ke rumah dan menyalami setiap tamu yang hadir, termasuk saya dan keluarga. Di raut wajah keluarganya tidak terlihat gurat kesedihan yang begitu larut, baik di wajah istri yang ditinggalkan, anak dan menantu yang ditinggalkan, serta cucu-cucu tercinta yang juga ditinggalkan. Mereka semua tampak tegar, ikhlas dan begitu berbesar hati dalam menerima keputusan Allah SWT hari ini, yaitu berpulangnya ayah, ataupun kakek tersayang.

Tubuh yang senantiasa berusaha tegap, wajah sedih yang kerap dibalut senyum, air mata yang tak lagi menetes, menjadi pemandangan yang menyejukkan di dalam rumah yang hari ini penuh dengan duka. Melihat hal ini saya menjadi semakin percaya, bahwa yang perlu kita lakukan dalam menjalani setiap kisah kehidupan hanyalah menggenggam segenap keikhlasan, yakni menerima setiap takdir yang telah digariskan.

Dari wajah para anggota keluarga, terlihat begitu baik ilmu ikhlas yang coba mereka tunjukkan, telah diserahkan semua urusan hidupnya hanya kepada Allah SWT, Yang Maha Baik dan Maha Segala-galanya. Lahirnya seseorang ke muka bumi adalah kehendakNya, begitu juga berpulangnya seseorang adalah juga atas kehendakNya.

Sekali lagi hari ini saya belajar, ketika kita ikhlas maka Allah SWT akan memberikan curahan kasih sayangNya yang lebih banyak lagi dalam bentuk kedamaian dan ketenteraman.

(dnu, ditulis sambil nginget-nginget jadwal imsak besok pagi, 27 Mei 2017, 21.41 WIB)