Wednesday, May 24, 2017

Kelak Saya Akan Merindukan Saat-saat Seperti Ini...

Janjian sama Bu Dosen di suatu hari, suatu sore, suatu jam. Untuk dapat tiba di kampus sesuai dengan jam yang telah ditentukan atau bahkan lebih cepat, saya memilih armada ojek online.
.
Order 30 menit sebelum waktunya berangkat. Sudah diterima oleh seorang pengemudi ojek tapi lamaaaaaa sekali ia tiba di titik penjemputan. Saya hubungi "Bapak di mana? Maaf Pak saya buru-buru...." Suara di seberang menjawab santai "Saya masih di rumah Bu... baru mandi nih Bu... sebentar saya jalan Bu... Ibu di mana?" Gustiiiiiiii..... 😭😭😭 kenapalah dia ndadak mandi segala mau jemput sayaaaaa 😭😭😭 Tega ngga tega saya jawab "Pak maaf saya buru-buru, saya cancel ya....". Hiks... drama pertama selesai.
.
Order lagi. Diterima lagi. Tapi sama, 10 menit menunggu tak kunjung nampak batang hidungnya. Namun beberapa menit kemudia ia menelepon saya "Bu maaf ini ternyata saya jauh ke tempat jemput Ibu... Ibu gapapa nunggu?" Saya tanya "Bapak di mana sekarang" untuk ngukur saya tunggu atau cancel nih abang-abang. "Saya di jembatan gading Bu...." Appaahh??? Di mana itu jembatan gading??? Dia harus jemput saya di sekitaran Bambu Apus, kok segala sebut-sebut jembatan gading?? Saya ngga perlu tau lah itu jembatan ada di mana, langsung aja "Pak maaf, cancel aja deh, saya buru-buru Pak...".
.
Order lagi untuk ke tiga kalinya. Diterima, tapi luaammmaaaaaa jemput sayanya 😭😭😭😭 Omaygaaattt... ini orang di manaaaa..... Setiap kali saya hubungi "Sabar ya Mba saya cepet-cepet kok ini..... -- Sebentar mba agak macet dikit nih, tunggu ya.... -- Mba saya udah deket kok, mba pakai baju apa? Biar saya cari nanti...." 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭 Apalaahhh dia iniiii..... 😢😢😢
.
Sambil menunggu ojek suasana hati sudah ngga karuan. Mikirin Bu Dosen, mikirin jalanan macet, mikirin takut hujan, termasuk juga mikirin si abang ojek ini hiks.... Setelah sekian lama akhirnya si abang gojek muncul juga, lalu dia memastikan bahwa adalah benar saya calon penumpangnya "Dewi ya?" Sambil senyum-senyum manis kecut. Hah! Kenapa pulak dia panggil saya Dewi, kemane tuh panggilan "Mba" yang sebelumnya ada. Ah sutralah ya, ngga pakai basa basi langsung saja saya duduk baik-baik di atas motornya.
.
Bismillah. Petualangan di mulai.
.
Di awal perjalanan saya sampaikan "Pak maaf, boleh agak ngebut ya, saya buru-buru, mau ke kampus ditungguin sama dosen saya". Dia jawab "oke...".
.
Kurang lebih 1KM perjalanan telepon genggam saya yang sengaja saya simpan di saku jaket bergetar. Saya sempatkan membaca pesan yang masuk tersebut, walaupun agak kikuk, diatas motor yang ngebut, bingung pegangannya, sambil bingung juga karena harus megangin 1 tas laptop dan 1 tas jinjing kekinian lainnya yang ternyata cukup merepotkan. Ternyata pesan datang dari Bu Dosen tersayang "Mba dimana?". Pikiran berkecamuk, semakin deg-degan, ya ampun si Ibu udah nanyain... setelah saya lirik jam tangan ternyata saya sudah telat 15 menit huaaaaaa........ Saya balas pesan tersebut dengan meminta maaf dan memberitahukan bahwa saya sudah di cawang dan masih belasan kilo meter lagi jarak yang harus saya tempuh.
.
Selanjutnya motor memasuki terowongan.... turunaaann.... btw sayaa merasa kok banyak kendaraan lain yang menyalip motor abang ojek ini ya... oh okee berarti ini motor jalannya tergolong lambat. Sambil sedikit teriak saya katakan pada si abang "Pak boleh agak cepet lagi Pak.... " Dia mengangguk seraya menambah kecepatan.
.
Oke, sekarang ngebut.
.
Sepanjang perjalanan perasaan semakin gundah gulana. Lantas saja di setiap titik utama saya menginformasikan kepada Bu Dosen melalui pesan singkat. "Bu sekarang saya di pramuka... sekarang rawa sari bu.... dst....". Dengan tujuan Bu Dosen mengetahui pergerakan saya di mana setiap menitnya.
.
Ojek ngebut tak terkira. Bingung pegangannya gimana. Ikhlaslah kalau memang harus jatuh hahahaha......
.
ALHAMDULILLAH tiba di kampus. Tarif Rp 44 ribu. Ada uang sekenanya di dompet. Gak pakai menunggu kembalian. Saya turun dari motor, lari menyeberang jalan, sambil bergegas menaiki anak tangga menuju halaman kampus. Sambil berlari tak secepat kilat saya mendengar teriakan si abang ojek "Mba kembaliannya.... mba hati-hati......". Sudahlah, yang ada di pikiran saya cuma satu. Bu Dosen. Titik.
.
Sambil larrriiiiiiiiii.... sambil kirim pesan singkat ke Bu Dosen "Bu saya sampe kampus.... saya ke ruangan ibu sekarang..."
.
Sejak mengirim pesan di Cawang, hingga sampai kampus, tak satu pesan pun dibalas oleh Bu Dosen. Oke tak apa. Saya yang salah. Saya telat. Hiks....
.
Lariiiiiiiii.... memasuki lobi kampus..... hampir melewati meja security baru inget sepertinya saya belum mengenakan id card. Ubek-ubek tas, cari id card.... ga ketemu.... aduh dimana.... tadi ada.... udah siapin kok.... gustiiiiiii.... pangeraaaaaannn.... Ya Allah..... di manaaaaaaaaa....... yasudahlah kasih SIM saja secara KTP juga ga ketemu 😭😭😭😭😭 . Ketika akan menyerahkan SIM ke Pak security untuk ditukar dengan kartu izin memasuki area kampus tiba-tiba gelang yang saya kenakan di tangan kanan nyangkut di dekat leher. Apa lagi iniiiiiiiii...... hhuuuaaa...... pas dilihat ternyata id card menggantung manis di leher. Oke fix, saya lieur hahhahaha....
.
Lanjut laarriiiiiiiiiiiiiiii......... naik tangggaaa..... puluhan anak tanggaaaaaa........ kaki seakaan ngga bisa diangkat lagiii..... paha berrraaaatttt.... betis kakuuuu......... rasanya pengin merangkak aja di tanggaaaa..... Aammmpuuuunnn..... dijeeeeee...... capeeeeekkkk 😭😭😭😭😭😭
.
Sambil ngos ngosan Alhamdulillaaaaaaah kaki ini berhasil menaklukan puluhan anak tangga. Yess...... Kenapa ngga naik lift? Tanggung cuma di lantai 2.
.
Perjuangan belum selesai.
Belok kannnaaaaaannnn.... permisi lagi sama Pak satpam.... sepertinya beliau senyum-senyum aneh melihat ada mahasiswi pakai jilbab, pakai jaket, syal masih melilit di leher, penutup mulut masih nyangkut di leher, pake sepatu kets gedebak gedebuk, tangan kanan nenteng tas berisi laptop, tangan kiri nenteng tas kece, lari-lari, ngos ngosan tapi berusaha senyum walopun asem hahahaah.....
.
Lari lagiiii.... lurrruuuuussss... ccciiiiitttttt.... ngereeemmm... harus jalan pelan-pelan karena sudah tiba di depan ruang dosen. Perlu jaga image di sini agar nampak sebagai mahasiswi yang budiman. Buka jaket. Buka syal. Buka penutup mulut. Jalan pelan-pelan. Atur nafas. Masih ngos ngosan tak terkira sih hahahaha....
.
Sambil menahan nafas yang pendek-pendek... hosh... hosh.... hosh.... jalan menuju meja Bu Dosen. Ketemu beberapa mahasiswa lainnya dan dosen-dosen lainnya. Saya berusaha senyum seakan tidak ada apa-apa. Padahal badan udah pengen tepar hahaha....
.
Alhamdulillah akhirnya sampai juga di depan meja Bu Dosen. Fiiiuuuuhh.... lap keringet... walaupun ngga bisa menampik bau asap knalpot amat lekat di tubuh saya hahaha.....
.
Hmmmm... tapi Bu Dosennya mana ya... mejanya bersiiihh... tengok kanan kiri Bu Dosen ngga ada.... Laptopnya juga ngga ada.... hanya ada dokumen-dokumen lain yang tertumpuk sangat rapi di atas meja beliau, yaaahh.... mirip ciri-ciri kita kalau sudah selesai bekerja kan beres-beres meja gitu dehhh....
.
Menunggu beberapa detik.... beberapa menit.... tidak ada perubahan..... oke fix, Bu Dosen sudah pulang 😭😭😭😭😭😭😭😭
.
Saya yang salah sih.... telat 30 menit dari jam yang dijanjikan untuk bertemu.....
.
Oke. Saya keluar ruangan. Berharap ada keajaiban tiba-tiba Bu Dosen masih ada di ruangan. Tapi nampaknya itu hanya sebuah khayalan yang tak mungkin jadi kenyataan.
.
Duduk sebentar di depan ruang dosen... tetep sambil nafas pendek-pendek... hosh.... hosh.... hosh...... kali ajaaaaa si ibu tiba-tiba lewat hehe.... masih berusaha positif thinking... Ah tapi memang beliau sudah pulang sih sepertinya.... Hahahaha... oke siap, saya yang salah hahaha.... langsung message Bu Dosen dan meminta maaf 🙏
.
Oke... balik kanan.... lemas lunglai.... tak ada lagi yang harus di kejar sore itu.... pulang saja.... dengan terlebih dahulu menikmati ayam penyet di warung depan kampus. Tapi tetap SEMANGAT!!!! BESOK JANJIAN LAGI dan saya ngga boleh telat lagi 💪💪💪
.
Tapi walau bagaimanapun, kelak saya akan merindukan saat-saat seperti ini, di suatu hari nanti
.
(dnu, ditulis sambil makan siang, 23 Mei 2017, 12.44 WIB)