Monday, May 29, 2017

Ramdhan, yang Biasa Menjadi Luar Biasa

Namanya juga bulan penuh keberkahan, siapa sih yang tidak ingin meraih berkah sebanyak-banyaknya? Umat muslim di banyak belahan dunia tentu tengah berlomba-lomba melakukan berbagai amalan di bulan baik ini, bahkan ibadah yang hukumnya sunah pun terasa menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Alhamdulillah ya, terlepas dari hanya di bulan Ramadhan saja namun tetap menjadi amal kebaikan yang InsyaAllah berlanjut dilaksanakan hingga masa-masa seterusnya.

Artikel ini tidak akan membahas apa saja amalan-amalan yang hukumnya sunnah lalu terasa menjadi hal yang wajib dilakukan di bulan ramadhan. Hanya berdasar pada kebiasaan dan pandangan mata saja maka lahirnya tulisan sederhana ini. Terlihat para umat muslim yang begitu semangat melakukan hal-hal biasa namun dengan semangat kebaikan maka hal tersebut menjadi luar biasa.
 
Misalnya bagi para Ibu yang  mungkin sehari-hari menyiapkan menu makanan tidak terlalu muluk-muluk, namun di bulan baik ini semuanya seakan terasa istimewa dengan sajian makan yang sedikit berbeda dari biasanya. Contoh lainnya adalah jajaran penjaja gorengan dan cemilan takjil khas Ramadhan yang terlihat di setiap mata memandang. Begitu pula dengan makanan-makanan lainnya yang jarang kita temui di bulan-bulan biasa mendadak ramai di bulan suci ini, salah satunya adalah timun suri. Seru ya?!

Tidak hanya urusan perut, para muslimin dan muslimat juga banyak yang memasang target khatam Al Quran di bulan Ramdhan, entah itu satu, dua atau beberapa kali. Berlomba-lomba bersedekah karena mengharap ridho Allah SWT semata melalui aksi penyajian buka puasa maupun sahur gratis turut menjadi agenda amalan menyenangkan yang banyak dilakukan di bulan Ramadhan. Masih ada tradisi seru lainnya yang hanya terjadi di bulan puasa yakni buka puasa bersama. Kegiatan yang terlihat hanya sebagai ajang makan bareng ini juga menjadi ladang amal bagi mereka yang jeli melihatnya, yakni silaturahmi. Allah SWT begitu senang dengan orang-orang yang menjaga silaturahmi bukan? Berapa banyak undangan buka puasa bersama yang kerap dilakoni oleh para muda mudi? Buka bersama teman masa SMP, masa SMA, teman kerja, teman komunitas dan perkumpulan-perkumpulan lainnya yang sebenarnya sungguh ada saja ladang amal di sana jika kita mampu mengemasnya, yakni walaupun asik bercengkrama tetap tidak melupakan shalat maghrib dan tarawihnya. Kesimbangan yang seperti sungguh nyaris sempurnya adanya.

Begitu juga dengan ibadah shalat tarawih yang hukumnya sunnah tapi seluruh umat muslim berlomba-lomba menunaikannya dan sedapat mungkin dilakukan berjamaah di masjid bersama dengan saudara muslim lainnya. Inilah ukhuwah yang begitu indah jika kita selalu mampu menjaganya sepanjang masa. InsyaAllah mampu dan dimampukan.

Aktifitas seru lainnya yang kebanyakan umat lakukan di bulan Ramadhan adalah jalan-jalan pagi setelah shalat subuh berjamaah di masjid. Hanya sekedar menyusuri sekitar kampung untuk menghirup udara yang belum terkena polusi, menjadi kegiatan pilihan yang asik dilakukan sebelum matahari terbit. Sebenarnya hanya jalan-jalan biasa sih namun karena dilakukan beramai-ramai maka aktifitas yang biasa ini menjadi sungguh luar biasa. Manfaat positif yang didapat selain bisa bersilaturahmi dengan saudara-saudara muslim yang lain, yakni tanpa sadar kita sedang berolahraga, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Semoga tidak hanya di bulan ramadhan kita senang melakukan hal-hal luar biasa demi mendapatkan pahala yang InsyaAllah dilipatgandakan ya, namun juga di bulan-bulan lainnya. Mari bersama kita tunjukkan kepada dunia tentang betapa indahnya Islam, dengan cara tetap menjaga hati, lisan dan fikiran yang bersih mulai dari yang paling dekat yaitu diri kita sendiri.

(dnu, ditulis sambil nyanyi “lebaran sebentar lagiii....”, 29 Mei 2017, 21.43 WIB)