Wednesday, June 7, 2017

Bersama Mereka di Kota Tua - #Ramadhan_9

Ruangan ini dilengkapi pendingin seadanya, hanya terdapat 2 kipas angin yang berputar sempurna demi memberikan efek sejuk di tengah panasnya Ibu Kota. Ini adalah aula Musium Bank Mandiri yang terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Sebuah ruang dalam bangunan lama yang dimanfaatkan oleh para relawan Sahabat Anak Kota Tua untuk mengajak anak-anak yang hidup dalam garis seadanya bermain sambil belajar, rutin setiap minggunya....

Me and my husband are here right now.

Panas, sedikit sirkulasi udara, cuaca di luar juga amat terik, namun di tengah kondisi yang begitu nikmat ini puluhan adik-adik binaan Sahabat Anak Kota Tua semangat belajar mengaji, mulai dari Iqra hingga Al Quran. Nampaknya mereka lupa dengan rasa panas, haus dan lapar, yang ada hanya gembira.

Semuanya semangat, tidak terdengar keluh kesah ataupun erangan ingin pulang. Padahal mereka belajar di tempat yang sangat seadanya ini. Mereka belajar di lantai, ada yang duduk sambil kipas-kipas, ada yang tengkurap dan ada juga yang sambil bersandar.

Bersyukurlah adik-adik lain yang memiliki kesempatan belajar di ruangan berpendingin (AC), bersyukurlah yang bisa belajar diatas kursi dan meja yang baik, dan bersyukurlah para orang tua yang mampu memberikan arena belajar yang begitu nyaman bagi anak-anaknya.

Semuanya semangat.

Mereka berlarian ke sana ke mari hingga telapak kaki menjadi hitam akibat lantai yang seadanya, bermain putar-putaran kursi rusak namun mereka begitu bahagia. Tapi apapun keadaannya saya yang saat ini ada di sini dan mereka yang saat ini juga ada di sini patut bersyukur, karena masih ada tempat untuk bermain sambil belajar, yang beratap hingga kita tak kehujanan. Juga bersyukur masih banyak kakak-kakak baik yang dengan suka rela penuh cinta mengajar adik-adiknya mengaji, juga pelajaran lainnya.

Siang ini saya belajar, bahwa hidup bukan tentang diri sendiri saja. Mari berbagi dan mari mensyukuri.

(dnu, ditulis sambil memandang keriuhan yang mengharukan, 4 Juni 2017, 15.12 WIB)