Saturday, June 3, 2017

Jadilah yang Menyejahterakan Masjid #Ramadhan_8

Sabtu (3/6) malam kita telah memasuki malam tarawih ke 9 di bulan Ramadhan 1438 H. Semoga tidak banyak ya masjid-masjid yang barisan shaf shalatnya sudah mulai mengalami kemajuan, alias shafnya hanya ada beberapa barisan saja di depan. Rumah Allah SWT begitu sepi pengunjung menjelang pertengahan Ramadhan. Hal ini mungkin disebabkan oleh para muslimin dan muslimat yang memiliki kesibukan sendiri-sendiri sehingga melaksanakan tarawihnya di rumah saja. Misalnya karena pulang bekerja yang sudah larut malam atau adanya kepentingan di rumah yang harus segera diselesaikan.

Selain alasan tersebut semoga tidak ada alasan karena sibuk menghadiri undangan buka puasa bersama ya, sehingga tidak sempat tarawih berjamaah di masjid. Jika saat berbuka puasa bersama lantas terdengar adzan isya kita berbondong-bondong bersama para sahabat bergerak ke masjid untuk shalat berjamaah terasa begitu indah. Namun jika memang tidak bisa dilakukan atau harus berjamaah di ruangan dekat lokasi buka puasa bersama ya dapat dimaklumkan, yang penting esensi ibadah Ramadhannya tetap dilaksanakan.

Masjid-masjid di lingkungan tempat tinggal kita tentu menunggu kehadiran masyarakatnya untuk bersama-sama beribadah. Dengan ibadah yang dilakukan berjamaah maka secara tidak langsung kita telah turut menyejahterakan rumah ibadah kita sekaligus mensyiarkan islam dalam balutan nuansa Ramadhan yang meriah dalam kedamaian.

Ramai-­ramai shalat ke masjid yuk!

(dnu, ditulis sambil pegel-pegel gitu lehernyaaa….., 3 Juni 2017, 22.14 WIB)