Wednesday, June 7, 2017

Pentingnya Bersyukur Setiap Waktu_#Ramadhan_10

Tubuh-tubuh mungil itu beradu cepat mengangkat jari telunjuknya jauh tinggi di atas kepala saat saya bertanya "siapa yang puasa hari ini...?". Sambil berteriak "sayaaaa......" jawab mereka seakan ingin unjuk kebolehan kekuatan ibadahnya hari itu (4/6).
....
Namanya Bagus, mengenakan baju muslim putih-putih, begitu semangat bercerita kepada temannya yakni ; "Kalo kamu haus mendingan mandi aja nanti adem deh....." dengan mimiknya yang lucu.
.
Mereka telah mengerti makna berpuasa yang paling dasar, minimal paham bahwa sebagai umat islam yang berbadan sehat wajib baginya berpuasa, juga telah paham bagaimana cara ala anak-anak untuk menghalau rasa haus dan lapar.
.
Pesan moral yang saya selipkan dalam dongeng di sore yang sendu itu adalah tentang pentingnya bersyukur. Walaupun mereka kini hidup dalam keluarga yang pas-pasan namun harus selalu diingat bahwa masih ada teman-teman lainnya yang jauh lebih susah lagi. Seorang anak yang harus jadi pemulung misalnya, di mana ia harus bekerja sepanjang hari demi mencari barang-barang bekas, lalu di jual untuk mendapatkan sejumlah rupiah. Dalam cerita pendek itu juga saya kisahkan, pemulung tersebut berpuasa setiap hari, tidak hanya di bulan Ramadhan, salah satu alasannya adalah karena ia tak mempunyai cukup makanan untuk disantapnya pada pagi, siang dan malam. Itulah mengapa kita harus senantiasa bersyukur masih bisa makan setiap hari, makan enak, minum enak dan bisa menikmati hari-hari tanpa harus bekerja sejak dini.
.
Bersyukurlah masih punya orang tua, masih bisa bermanja-manja sama mama atau papa, walau hidup seadanya. Bentuk syukurnya apa? Mentaati perintah Allah SWT dan tentu saja menjauhi larangan Allah SWT.
.
Ngabuburit kali ini begitu seru, karena bisa berkumpul bersama mereka, anak-anak luar biasa, putra putri dari orang tua yang bekerja seadanya, rata-rata di pasar Asemka, Kota Tua, Jakarta Barat.
.
(dnu, ditulis sambil ngabuburit sama Rindu dan Arjuna di tukang es kelapa yang begitu menggoda, 5 Juni 2017, 17.20 WIB)